9 Kebiasaan Sukses Para Pebisnis Internet (Bab 1)

Saya baru saja membuka email saya, dan saya menemukan sebuah pertanyaan dari salah satu subscriber saya. Dia bertanya “Mas Daniel, apa yang dapat saya lakukan supaya saya bisa sukses dalam bisnis internet?”

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan supaya sukses di bisnis internet. Namun, kesuksesan para pebisnis internet adalah: Mereka melakukan 9 kebiasaan yang mereka bangun sejak mereka mulai menjalankan bisnis internet mereka. WOW! Apakah benar itu?

Ya. Membangun sebuah bisnis; baik itu online, maupun offline memang tidaklah mudah. Banyak orang yang gagal dalam membangun bisnis, karena mereka tidak memiliki disiplin dalam membangun kebiasaan sukses untuk meningkatkan produktifitas mereka.

Nah, bagaimana kebiasaan sukses para pebisnis internet marketing yang dapat Anda tiru? Berikut 9 kebiasaan sukses mereka:

 

  1. Membuat Goals

Ini adalah hal yang paling sering dilupakan oleh para pebisnis internet marketing di saat awal mereka membangun bisnis. Kebanyakan dari mereka tidak membuat goals atau sasaran bisnis mereka. Sehingga, bisnis mereka menjadi mengambang, atau stag di tempat.

Cara terbaik dalam membuat goals adalah Anda bisa membuat rencana kerja Anda dalam waktu 90 hari. Dari 90 hari tersebut, pilah pekerjaan yang menjadi skala prioritas utama. Dari sana, buat goal Anda menjadi lebih spesifik lagi (misalnya goal harian atau bulanan Anda), dan Anda akan lebih mudah untuk mengevaluasi kinerja Anda.

Ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu membuat goal harian. Cara ini dapat membantu Anda supaya dapat lebih focus mencapai goal yang Anda buat; sehingga Anda dapat berpindah ke goal yang lain. Saat Anda bangun tidur dengan kejelasan goal dengan skala prioritas utama, Anda dapat mengidentifikasi langkah selanjutnya. Sehingga, Anda selangkah lebih maju untuk mencapai goal besar Anda.

 

  1. Mencari Ide, atau Inspirasi Baru

Pebisnis internet marketing yang sukses akan selalu berusaha untuk mencari ide dan inspirasi baru untuk mengembangkan bisnis mereka. Mereka selalu belajar dari konten-konten yang ada di internet untuk bisnis mereka. Bacalah buku, blog, atau artikel yang ada di internet mengenai industry Anda. Dengarkan podcast, atau berlangganan channel youtube dari orang-orang sukses. Jika Anda melakukan ini, maka Anda akan terus up-to-date dalam industry Anda; serta memiliki ide fresh setiap hari.

 

  1. Memiliki Energi yang Tinggi

Ya, para pebisnis internet yang sukses selalu memiliki semangat & energi yang tinggi untuk menjaga performa kinerja mereka. Bagaimana caranya? Mereka rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan kinerja mereka. Anda dapat melakukan ini di waktu luang Anda, seperti jogging, jalan kaki, atau pergi ke gym. Pastikan Anda juga mendapat asupan air putih yang cukup.

 

  1. Memiliki Standard an Integritas yang Tinggi

Ada banyak para pebisnis internet marketing yang gagal, bukan karena mereka tidak memiliki skill. Mereka memiliki skill, namun, mereka tidak memiliki standar yang tinggi untuk mereka capai. Mereka hanya memfokuskan menjual barang, atau jasa. Hal inilah yang membuat mereka gagal.

Sebaliknya, orang-orang sukses memiliki standard dan integritas yang tinggi. Alih-alih mereka menjual barang, atau jasa mereka, mereka memfokuskan untuk membagikan nilai, atau value kepada audience mereka. Mereka selalu menetapkan standard yang tinggi dalam diri mereka. Mereka selalu melihat sebuah peluang dalam celah apapun untuk kemajuan bisnis mereka. Buat komitmen untuk meningkatkan standard Anda; maka Anda juga akan meningkatkan reputasi Anda.

 

  1. Fokus Pada Aktivitas yang Menghasilkan

Banyak orang berpikir bahwa seorang pengusaha harus mengerjakan semuanya sendirian. Padahal, nayatnya tidak sama sekali. Mereka hanya berfokus pada hal-hal yang menghasilkan, seperti coaching dengan klien mereka, membawakan webinar, membuat produk, mempromosikan sesuatu kepada subscriber mereka, dsb.

Nah, sisa tugas, seperti membuat desain, menulis artikel, dsb; mereka menyerahkan kepada pihak ketiga (baik itu assisten virtual, maupun orang lain yang lebih ahli di bidang tersebut), sehingga para pebisnis bisa lebih focus mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.

 

(To be Continued)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *