5 Ide Bisnis Online Yang Dapat Anda Kerjakan

Masih banyak orang yang sangat skeptic mengenai bagaimana membuat uang secara online. Padahal, mereka sudah tahu, bagaimana cara membuat uang secara online, dan siapa saja pelaku-pelakunya. Nah, hal ini seringkali menjadi momok bagi kebanyakan pemula di bisnis online. Padahal, bisnis online bisa dimulai dari hal-hal /ide kecil Anda. Bahkan, hal/ide tersebut adalah ide yang mungkin Anda sudah pendam lama.

 

Nah, Daniel, bagaimana saya dapat memulai bisnis online saya dengan ide tersebut?

 

Ada 5 cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

  1. Blog

Membangun blog adalah salah satu cara yang peling efektif yang bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis online Anda. Dengan Blog, Anda dapat berbagi informasi yang berguna kepada semua orang.

Apakah saya harus menulis? Tidak juga. Jika Anda tidak suka menulis, Anda dapat membuat vlog/video blog, dimana Anda dapat membuat blog dalam bentuk video, lalu Anda dapat mensharekannya melalui youtube.

 

2. Podcast

Podcast adalah sebuah media seperti video. Namun, podcast lebih mengutamakan audio. Di Indonesia masih sangat jarang sekali orang membuat podcast. Padahal di luar sana, podcast sudah menjadi media yang sangat terkenal. Salah satu keunggulan podcast adalah Anda tidak usah memutar video, dan Anda dapat memutarnya sambal Anda berkendara.

 

3. Produk Digital

Ini adalah peluang bisnis yang PALING MENGUNTUNGKAN! Mengapa? Karena Anda dapat membantu orang untuk memecahkan masalah mereka. Anda dapat membuat produk digital; baik itu berupa ebook, video training, maupun e-course.

Anda dapat menjualnya dengan 2 cara: Menjual sendiri, dan melalui marketplace untuk produk digital. Dengan menjual produk Anda sendiri, Anda akan mendapatkan keuntungan 100%, namun Anda akan kerepotan. Namun, jika Anda menyukai cara yang praktis, Anda dapat menjualnya melalui marketplace; baik local maupun luar. Keuntungan jika Anda menjual melalui marketplace adalah anda tidak usah repot dengan system pembayaran. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kekuatan leverage/daya ungkit yang membantu Anda meningkatkan omset penjualan Anda.

 

4. Freelance

Anda memiliki keterampilan? Kenapa Anda tidak membuka jasa freelance secara online saja? Dengan Anda membukan jasa freelance secara online, Anda dapat menghasilkan pundi-pundi secara online juga. Besar pundi-pundi yang Anda hasilkan, tergantung dari besarnya project yang Anda tangani

 

5. Coaching/Training/Konsultasi

Jasa ini adalah jasa yang masih sedikit ditekuni oleh para pebisnis online. Jika Anda memiliki passion untuk membantu orang lain, jasa ini cocok untuk Anda. Ini adalah cara untuk Anda bisa membagikan pengetahuan kepada klien Anda.

Ok. Lalu apa bedanya dengan freelance? Sebenarnya hampir mirip. Namun, ada perbedaan antara freelance dan coaching. Freelance disewa untuk melakukan tugas spesifik seperti pembuatan website, penterjemahan, dsb. Konsultan/coach disewa untuk memberikan saran/masukan tertentu seperti strategi membangun bisnis, dsb. Freelance mengeksekusi, coach membantu membuat strategi dan klien yang mengeksekusi, dan keseluruhan tanggung jawab ada di tangan klien.

Cara supaya Anda memiliki bisnis coaching adalah Anda harus memiliki website sebagai identitas Anda di dunia online. Website anda dapat berisi mengenai siapa diri Anda, blog, testimoni, dan freegift, atau semacam training gratis untuk klien Anda

 

 

Nah, bagaimana? Menarik bukan? Apakah Anda sudah mendapatkan ide bagaimana Anda mau memulai bisnis Anda?

 

Silahkan share artikel ini untuk orang yang membutuhkan 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *